Daisypath Anniversary tickers
Daisypath Anniversary tickers

Sabtu, 27 April 2013

Pingitan


"Tya, lo ga dipingit?"  
tanya salah satu teman kuliah dual-degree saya di Jogja diantara sela-sela persiapan IELTS.
"Emang gw kurang dipingit apalagi disini?"

Heheheh...iyasih dipingit kalo dalam artian ga ketemu calon suami, 2 minggu cukup kali yah. Tapi saya jelas ga dipingit dalam artian orang jaman dulu bilang.

Pingitan kan bisa diartikan sebagai tradisi mengkarantinakan mempelai pengantin (perempuan) biasanya sebulan sebelum pernikahan untuk menjaga mempelai biar ga terjadi apapun terhadapnya hingga D-Day. Dalam prosesi ini, calon pengantin dianjurkan banyak melakukan dzikir dan berdoa kepada Tuhan. Pingitan juga jadi cara agar calon pengantin sehat dan tidak terserang penyakit, bisa melakukan perawatan tubuh dan kulit, dan juga untuk menjaga agar calon mempelai tidak melarikan diri (biar ga ketemu godaan dunia luar kali ya? hoahahahahah).

Tapi sebagai wanita masa kini *eaaa* yang sibuk dengan segudang aktivitas dan ga betah diem di rumah mana mungkiiiiiiiin saya kuat dipingit ga kemana-mana.
Wong selama di Jogja yang jelas-jelas saya ga hapal jalan, ga punya kendaraan, dan ga bisa bawa kendaraan pun saya suka iseng pergi-pergi (sendirian ataupun sama temen-temen).

Kelas MSc seangkatan saya kebetulan mayoritas isinya laki-laki semua. Cuman ada 2 perempuan di kelas, dimana yang seorang punya bayi (jadi ga pernah ikut aktivitas selain kuliah di kelas, hehe) dan satunya lagi udah punya suami dan tinggal bareng adek-adeknya di Jogja. Otomatis, tiap nongkrong, saya seringnya jadi satu-satunya perempuan yang ikutan bareng mereka.

Saya sih sebenernya biasa aja dengan situasi ini, karena di keluarga saya, adik saya juga laki-laki semua. Buat saya, nongkrong bareng perempuan atau laki-laki ga ada bedanya selama saya bisa nyambung sama mereka. Sahabat pria saya juga banyak, dan temen-temen kuliah ini udah kayak kakak-kakak yang ga pernah saya punya.

Tapi, ihiiikkk...si pacar membuatku merasa bersalah setelah nonton Oblivion senin malam lalu bareng mereka. Feel like I’ve been crossing the line, this time. Rasanya, iya juga sih, pacar saya aja—yang laki-laki—ga nongkrong malam-malam selama mendekati pernikahan, kok saya cuek aja nonton dan pergi-pergi. Sama cowok semua lagi.

Maka dengan berat hati, pas malem minggu kemarin para bujang lokal itu katanya mau nonton Maliq live, saya pilih bobo cantik aja deh di kosan.
Seminggu ke depan, saya dipingit beneran deh...keluar kosan cuman ke kampus dan kalau penting banget.

Gapapa ya meski cuman seminggu aja?
heheheheheh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar